Menu

Senin, 01 Mei 2017

Membuat Program Sederhana Dari NetBeans Dengan Menggunakan Method CONSTRUKTOR

ini adalah pembuatan program sederhana menggunakan NetBeans dengan menggunakan Method CONSTRUKTOR dan sekaligus tugas dari mata kuliah Pemograman Berorientasi Objek.
Sebelum kita membuat program sederhana itu, kita perlu mengetahui apa itu Constructor.
Constructor dalam bahasa Indonesia di baca konstruktor adalah method khusus yang akan dijalankan secara otomatis pada saat sebuah objek dibuat (instansiasi), yakni ketika perintah “new” dijalankan. Constructor biasa digunakan untuk membuat proses awal dalam mempersiapkan objek, seperti memberi nilai awal kepada property, memanggil method internal dan beberapa proses lain yang digunakan untuk ‘mempersiapkan’ objek. Jika kelas tidak memiliki method constructor , maka seluruh variabel objek akan diinisialisasi kepada nilai default, sesuai dengan tipe datanya masing-masing.

Contoh penggunaan constructor :



PEMBUATAN PROGRAM
Selanjutnya adalah langkah-langkah pembuatan Program, program yang akan di buat adalah Program Login, dan inilah langkah-langkah pembuatan Program tersebut.
Langkah 1 : Membuat Skema
Skema diagram digunakan untuk membantu logika kita dalam pembuatan program. Tanda (-) dilambangkan sebagai private. Sedangkan tanda “+” dilambangkan sebagai public. Berikut adalah skema diagramnya
Login
-String username
-String password
+Login()
+ Login(String username, String password)
+setter()
+getter()

Langkah 2 : class Login
a.      Membuat kerangka class Login





Setelah membuat class Login, simpan file tersebut dengan nama Login.java. Didalam class Login, kita harus menyediakan tempat untuk mendeklarasikan variable, setter dan getter.
b.      Mendeklarasi variabel yang dibutuhkan
Setelah kita membuat kerangka class, maka diperlukan pendeklarasian variabel  yang nantinya digunakan sebagai tempat  menyimpan data yang bersifat sementara (temporary).





c.       Mendeklarasikan constructor
Setelah membuat variabel yang dibutuhkan pada class Login, langkah selanjutnya kita membuat constructor login. Constructor ini nantinya akan digunakan dalam class Utama.



Coba perhatikan kembali script yang yang telah kita buat untuk mendeklarasikan constructor. Seperti halnya dengan menggunkan method setter(), didalam pembuatan constructor Login dengan parameter, anda juga dapat menggunakan keyword this. Penggunaan keyword this akan mengacu kepada variabel yang dideklarasikan pada class Login (lihat script yang diberi kotak berwarna biru pada gambar dibawahnya). Apabila varabel tersebut tidak diberi keyword this , maka variabel tersebut akan mengacu pada variabel yang dideklarasikan pada parameter constructor (lihat script yang diberi kotak berwarna hijau pada gambar dibawahnya ).




d.      Membuat method setter
Setelah membuat variabel yang dibutuhkan pada class Login, langkah selanjutnya kita buat method setter untuk masing-masing variabel. Hal ini bertujuan untuk mengeset atau menambah nilai variabel username dan password sesuai dengan permintaan soal menu yang ke-2 di class Utama nanti. Perlu diketahui pula, bahwa pembuatan variabel pada parameter di method setter, harus sesuai dengan tipe data variabel yang dideklarasikan di kelas. 



e.       Membuat method getter
Setelah membuat method setter, kita tinggal membuat method getter untuk mengambil nilai dari masing-masing variabel. Hal ini bertujuan untuk mengambil nilai dari variabel pada class Login yang nantinya akan kita kembalikan ke dalam class Utama. Perlu diketahui pula, bahwa dalam pembuatan variabel yang dideklarasikan di kelas.



Langkah 3 : class Utama
a.      Membuat kerangka class Utama
Setelah kita membuat class Utama, simpan file tersebut dengan nama Utama.java. didalam class inilah, program anda akan dijalankan. Sebagai catatan, dalam pembuatan class di atas, kita akan menambahkan class BufferedReader yang berfungsi untuk menerima inputan user.



b.      Membuat instance of class
Setelah kita membuat class Utama, langkah berikutnya kita akan membuat sebuah objek yang bertipe class Login. Pembuatan variabel dengan bertipe kelas yang dinamakan instance of class .
Coba perhatikan kembali instance of class . pada line 9, objek “user1” yang telah terbentuk akan mereferens ke construction Login tanpa parameter. Sedangkan line 10, kita mendeklarasikan objek “user2” bertipe class Login, dimana nilai yang kita berikan masih belum diketahui. Karena tipe data username dan password bertipe String, maka kita akan menggunakan tanda petik ganda (“ ”) untuk member nilai awal berupa kosong.

c.       Membuat menu dan perulangan menu
Menu digunakan untuk mempermudah user dalam melakukan transaksi. Dalam pembuatan menu, diperlukan tombol “next” dan “back” sehingga user dapat leluasa memposisikan diri pada transaksi yang ingin dia lakukan. Untuk itulah, diperlukan perulangan menu guna mengantisipasi hal itu.
Proses perulangan menu, kita menggunakan while yang berada di luar menu (bagi kalian yang terbiasa menggunakan “while”, anda juga bisa menggunakan  “do…while” maupun “for” dalam perulangannya). Di dalam “while”, kita akan menggunakan kondisi bernilai “true”, dimana program tersebut akan mengulang menu tersebut berulang kali. Untuk keluar dari menu tersebut, akan saya bahas nanti pada langkah poin (h).




d.      Mengisi Case 1 (Login Admin)
Ketika user memilih inputan menu no . 1, maka dilakukan beberapa proses sebagai berikut :
·         Line 37-40: berisi permintaan inputan username dan password yang nantinya akan diisi oleh user.
·         Line 42-46: berisi pengecekan apakah user dan password yang diinputkan sesaui dengan isi data user dan password pada class login. Jika hasilnya bernilai true,  maka program akan mencetak tulisan *** Login Sukses ***. Jika hasilnya bernilai false , maka program akan mencetak tulisan *** Login Gagal ***



e.        Mengisi Case 2 (Ubah Password Admin)
Ketika user memilih inputan menu no . 2, maka dilakukan beberapa proses sebagai berikut :
·         Line 48-53 : berisi permintaan inputan password lama dan password baru yang nantinya akan diisi oleh user
·         Line 55-60: berisi pengecekan apakah password lama yang diinputkan sesuai dengan isi password yang sudah pada class Login. Jika hasilnya bernilai true , maka program akan merubah password lama dengan password baru dan kemudian mencetak tulisan *** Password berhasil diubah ***. Jika hasilnya bernilai false, maka program akan mencetak tulisan tulisan *** Anda salah memasukan password lama ***




f.       Mengisi Case 3 (Buat User)
Ketika user memilih inputan menu no . 3, maka dilakukan beberapa proses sebagai berikut :
·         Line 62-67 : berisi permintaan inputan username dan password yang nantinya akan diisi oleh user
·         Line 69-70 : merupakan proses mentransfer data username pada variabel create_user dan password pada create_password kedalam construction Login. Setelah kalian membuat username dan password baru, program akan mencetak tulisan ***  User telah berhasil dibuat ***. Untuk dapat mengetahui apakah username dan password yang anda buat berhasil masuk ke dalam class Login, anda dapat memilih case 4 untuk melihat data user.



g.      Mengisi Case 4 (Lihat Data User)
Ketika user memilih inputan menu no . 4, maka dilakukan beberapa proses sebagai berikut :
·         Line 102-103 : mencetak isi data username dan password yang sudah ada pada variabel user 1. Apabila kalian melakukan perubahan password admin dari nilai default-nya adalah 12345 pada case 2, berarti data user yang ditampilkan adalah username admin dengan password yang sudah kalian rubah.
·         Line 108-109: mencetak isi data username dan password yang sudah anda buat pada case 3 pada variabel user 2.

















Output :


Mengimplementasikan Jaringan dengan menggunakan Cisco Packet Tracer

    Dalam mengimplementasikan sebuah jaringan menggunakan komputer kita harus membutuhkan program cisco packet tracer, setelah kalian mem...