Sebelum kita membuat program sederhana itu, kita perlu mengetahui apa itu Constructor.
Constructor dalam bahasa Indonesia di baca konstruktor adalah method khusus yang akan dijalankan secara otomatis pada saat sebuah objek dibuat (instansiasi), yakni ketika perintah “new” dijalankan. Constructor biasa digunakan untuk membuat proses awal dalam mempersiapkan objek, seperti memberi nilai awal kepada property, memanggil method internal dan beberapa proses lain yang digunakan untuk ‘mempersiapkan’ objek. Jika kelas tidak memiliki method constructor , maka seluruh variabel objek akan diinisialisasi kepada nilai default, sesuai dengan tipe datanya masing-masing.
Contoh penggunaan constructor :
PEMBUATAN PROGRAM
Selanjutnya adalah langkah-langkah pembuatan Program,
program yang akan di buat adalah Program Login, dan inilah langkah-langkah pembuatan
Program tersebut.
Langkah 1 : Membuat Skema
Skema diagram digunakan untuk membantu logika kita
dalam pembuatan program. Tanda (-) dilambangkan sebagai private. Sedangkan tanda “+”
dilambangkan sebagai public. Berikut adalah skema
diagramnya
Login
|
-String username
-String password
|
+Login()
+
Login(String username, String password)
+setter()
+getter()
|
Langkah 2 : class Login
a.
Membuat
kerangka class Login
Setelah membuat class Login, simpan
file tersebut dengan nama Login.java.
Didalam class Login, kita harus menyediakan tempat untuk mendeklarasikan
variable, setter dan getter.
b.
Mendeklarasi
variabel yang dibutuhkan
Setelah kita membuat kerangka
class, maka diperlukan pendeklarasian variabel
yang nantinya digunakan sebagai tempat
menyimpan data yang bersifat sementara (temporary).
c.
Mendeklarasikan
constructor
Setelah membuat variabel yang
dibutuhkan pada class Login, langkah selanjutnya kita membuat constructor
login. Constructor ini nantinya akan digunakan dalam class Utama.
Coba perhatikan kembali script yang
yang telah kita buat untuk mendeklarasikan constructor. Seperti halnya dengan
menggunkan method setter(), didalam pembuatan constructor Login dengan
parameter, anda juga dapat menggunakan keyword this. Penggunaan keyword this akan
mengacu kepada variabel yang dideklarasikan pada class Login (lihat script yang
diberi kotak berwarna biru pada gambar dibawahnya). Apabila varabel tersebut
tidak diberi keyword this , maka variabel tersebut akan
mengacu pada variabel yang dideklarasikan pada parameter constructor (lihat
script yang diberi kotak berwarna hijau pada gambar dibawahnya ).
d.
Membuat
method setter
Setelah membuat variabel yang
dibutuhkan pada class Login, langkah selanjutnya kita buat method setter untuk
masing-masing variabel. Hal ini bertujuan untuk mengeset atau menambah nilai
variabel username dan password sesuai dengan permintaan soal menu yang ke-2 di
class Utama nanti. Perlu diketahui pula, bahwa pembuatan variabel pada
parameter di method setter, harus sesuai dengan tipe data variabel yang
dideklarasikan di kelas.
e.
Membuat
method getter
Setelah membuat method setter, kita
tinggal membuat method getter untuk mengambil nilai dari masing-masing
variabel. Hal ini bertujuan untuk mengambil nilai dari variabel pada class Login
yang nantinya akan kita kembalikan ke dalam class Utama. Perlu diketahui pula,
bahwa dalam pembuatan variabel yang dideklarasikan di kelas.
Langkah 3 : class Utama
a.
Membuat
kerangka class Utama
Setelah
kita membuat class Utama, simpan file tersebut dengan nama Utama.java. didalam class inilah, program anda akan dijalankan.
Sebagai catatan, dalam pembuatan class di atas, kita akan menambahkan class
BufferedReader yang berfungsi untuk menerima inputan user.
b.
Membuat
instance of class
Setelah
kita membuat class Utama, langkah berikutnya kita akan membuat sebuah objek
yang bertipe class Login. Pembuatan variabel dengan bertipe kelas yang
dinamakan instance of class .
Coba
perhatikan kembali instance of class .
pada line 9, objek “user1” yang telah terbentuk akan mereferens ke construction
Login tanpa parameter. Sedangkan line 10, kita mendeklarasikan objek “user2”
bertipe class Login, dimana nilai yang kita berikan masih belum diketahui.
Karena tipe data username dan password bertipe String, maka kita akan menggunakan tanda petik ganda (“ ”) untuk
member nilai awal berupa kosong.
c.
Membuat
menu dan perulangan menu
Menu
digunakan untuk mempermudah user dalam melakukan transaksi. Dalam pembuatan
menu, diperlukan tombol “next” dan “back” sehingga user dapat leluasa
memposisikan diri pada transaksi yang ingin dia lakukan. Untuk itulah,
diperlukan perulangan menu guna mengantisipasi hal itu.
Proses
perulangan menu, kita menggunakan while yang
berada di luar menu (bagi kalian yang terbiasa menggunakan “while”, anda juga
bisa menggunakan “do…while” maupun “for”
dalam perulangannya). Di dalam “while”, kita akan menggunakan kondisi bernilai
“true”, dimana program tersebut akan mengulang menu tersebut berulang kali.
Untuk keluar dari menu tersebut, akan saya bahas nanti pada langkah poin (h).
d.
Mengisi
Case 1 (Login Admin)
Ketika
user memilih inputan menu no . 1, maka dilakukan beberapa proses sebagai
berikut :
·
Line 37-40: berisi permintaan inputan
username dan password yang nantinya akan diisi oleh user.
·
Line 42-46: berisi pengecekan apakah
user dan password yang diinputkan sesaui dengan isi data user dan password pada
class login. Jika hasilnya bernilai true,
maka program akan mencetak tulisan *** Login Sukses ***. Jika hasilnya bernilai false , maka program akan mencetak
tulisan *** Login Gagal ***
e.
Mengisi Case 2 (Ubah Password Admin)
Ketika
user memilih inputan menu no . 2, maka dilakukan beberapa proses sebagai
berikut :
·
Line 48-53 : berisi permintaan inputan
password lama dan password baru yang nantinya akan diisi oleh user
·
Line 55-60: berisi pengecekan apakah
password lama yang diinputkan sesuai dengan isi password yang sudah pada class
Login. Jika hasilnya bernilai true ,
maka program akan merubah password lama dengan password baru dan kemudian
mencetak tulisan *** Password berhasil diubah ***.
Jika hasilnya bernilai false, maka
program akan mencetak tulisan tulisan *** Anda salah
memasukan password lama ***
f.
Mengisi
Case 3 (Buat User)
Ketika
user memilih inputan menu no . 3, maka dilakukan beberapa proses sebagai
berikut :
·
Line 62-67 : berisi permintaan inputan
username dan password yang nantinya akan diisi oleh user
·
Line 69-70 : merupakan proses
mentransfer data username pada variabel create_user
dan password pada create_password kedalam
construction Login. Setelah kalian membuat username dan password baru, program
akan mencetak tulisan *** User telah berhasil dibuat ***. Untuk
dapat mengetahui apakah username dan password yang anda buat berhasil masuk ke
dalam class Login, anda dapat memilih case 4 untuk melihat data user.
g.
Mengisi
Case 4 (Lihat Data User)
Ketika
user memilih inputan menu no . 4, maka dilakukan beberapa proses sebagai
berikut :
·
Line 102-103 : mencetak isi data
username dan password yang sudah ada pada variabel user 1. Apabila kalian melakukan perubahan password admin dari nilai default-nya adalah 12345 pada case 2, berarti data user yang
ditampilkan adalah username admin dengan password yang sudah kalian rubah.
·
Line 108-109: mencetak isi data username
dan password yang sudah anda buat pada case 3 pada variabel user 2.
Output :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar