Ini adalah beberapa info tentang
perangkat computer dan pengaplikasiannya dalam kehidupan manusia terkhususnya
pada pendengaran dan sentuhan.
1. Input adalah perangkat masukan yang sudah disiapkan untuk
dipasang portnya masing-masing untuk mentransfer data dari luar kedalam
mikroprosesor untuk diproses.
Contoh Input :
a. a. Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan
untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan
perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga
sebagai papan ketik pada komputer.
b. b. Mouse adalah perangkat keras yang digunakan untuk
menggerakan kursor, melakukan scroll, klik kiri, dan klik kanan pada komputer.
c. c. Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi
mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau
permainan pada komputer.
d. d. Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat
penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
e. e. Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)
f. Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah
data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan
printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil.
g. f. Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa
gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode.
h. g. Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk
merubah perangkat atau data analog menjadi data digital
i. Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan
data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai
32GB kapasitas penyimpanan.
j. Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk
menghubungkan komputer ke jaringan internet.
k. h. Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor
pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari
pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor
l. Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara
analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara.
- Output adalah perangkat luaran yang sudah disiapkan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari mikroprosesor.
Contoh
output :
a. Monitor adalah perangkat
luaran pada pesawat sederhana, dengan alat ini kita dapat melihat semua proses
dalam computer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan
intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari computer
dan berfungsi untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan
b. Printer merupakan alat untuk mencetak hasil
olah digital computer ke lembar kertas. Bahkan telah ada printer yang dapat
mencetak obyek dalam wujud 3 dimensi (benda) bukan dalam lembaran kertas dan
merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer
adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer maka
perlu dicetak di kertas dengan printer.
c.
Sound Speaker adalah alat untuk keluaran suara dari computer. Perkembangan
soundcard semakin memanjakan telinga kita dengan dukungan sistem audio speaker
yang berkualitas dan mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu
musik,suara manusia. d. Proyektor LCD untuk menampilkan data lewat cahaya yang berbentuk
layar besar.
2. Pendengaran(telinga) adalah serangkaian peristiwa di mana
gelombang suara di udara dikonversi menjadi sinyal listrik yang dikirim sebagai
impuls saraf ke otak di mana mereka ditafsirkan dan bila di aplikasikan pada
program computer terdapat sebuah perangkat computer yang bisa dipakai untuk mendengar
yaitu speaker (output)
3. Sentuhan(kulit) adalah gerakan yang dilakukan manusia,dimana
menggunakan kulit atau indera peraba yaitu tangan dan bila diaplikasikan ke
computer ada beberapa perangkat computer yang bisa disentuh dengan tangan yaitu
keyboard, touchpad, mouse dan joystick(input)
Inilah hasil penulisan saya hari ini
semoga bermanfaat..
Beberapa sumber yang saya gunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar